13 Desember 2012

Belajar Bikin Bumbu Gado Gado

Suka banget sama gado-gado ...
Gampang sih cari gado-gado di kota aku ...
Tapi biasanya aku gak cocok dengan pedesnya..
Terlalu pedas untuk ukuran lambungku yang akrab dengan maag.

Jadi , setelah nanya sana sini  -- ini bumbu gado2 ala aku :D
Terpaksa (hehe) bikin sendiri daripada maag kambuh .
Curi curi waktu di sela kesibukan kantor dan bisnis rumahan yang aku  jalankan bersama d'BCN

Bahan Bumbu :
300 gr kacang tanah ,goreng lalu haluskan (aku lebih suka di uleg)
500 ml santan dari 1 butir kelapa
2 lembar daun jeruk
2 sdm saus tomat botolan(jika suka)
2 sdm kecap manis
2 sdm minyak goreng
gula merah (sesuai selera)
penyedap (bila suka)
Sereh/serai (bila suka, aku tidak pakai)


Haluskan:
1 cabe merah besar , hilangkan isi (kalau suka pedes boleh tambah kok)
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kencur
1 sdt garam

Caranya :

Panaskan minyak,tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan ,santan,daun jeruk,saus tomat,kecap manis, dan penyedap rasa ayam,aduk rata,masak hingga mendidih,angkat.

Gampang yaa  ? Yuk bikin :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar